Manfaat Minum Susu Bagi Kesehatan Tubuh

Susu sangat disukai oleh anak-anak, mereka sering dilatih orang tua mereka agar suka dengan minuman tersebut. Orang tua tahu bahwa minum susu bisa membuat pertumbuhan tulang-tulang tubuh menjadi berkembang dan kuat. Namun masih banyak orang yang belum tahu kalau susu bukan untuk anak-anak saja melainkan cocok untuk diminum segala usia.



Semakin dewasa dan tumbuhnya manusia, semakin banyak pula yang meninggalkan minuman susu. Padahal rasa susu tidak membosankan dan sekarang sudah ada susu yang beraneka ragam rasa misalnya susu coklat, susu strawberry, atau susu vanila. Tidak sedikit juga susu yang diolah menjadi yogurt, dicampur dengan salad atau dijadikan milkshake sehingga kaum dewasa tertarik. 

Ada juga yang mengejek orang dewasa jika minum susu terlihat seperti anak kecil. Para wanita juga beralasan bahwa susu mengakibatkan badan gemuk, sehingga mereka lebih suka minum teh daripada minum susu. Padahal di zaman modern ini sudah ada yang namanya susu low fat atau rendah lemak, jadi sebagai wanita seharusnya tidak perlu khawatir lagi untuk mengkonsumsi susu. Minum susu secara rutin manfaatnya bisa kita rasakan ketika tua nanti. Selain itu masih banyak manfaat yang ada dalam kandungan susu:

1. Membuat gigi dan tulang kuat
Semua orang tahu jika susu mengandung kalsium yang sangat banyak. Kalsium inilah yang membantu pertumbuhan tulang pada anak-anak kecil, memperkuat tulang-tulang pada manusia dewasa dan membantu mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang di usia senja. 

Selain memperkuat tulang, kalsium juga membantu memperkuat gigi agar tidak berlubang, menjaga gigi tetap sehat dan putih, tapi jangan lupa berkumur setelah minum susu untuk menghilangkan lemak di mulut jika tidak susu yang menempel di gigi bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya karang gigi dan gusi berdarah. Pilih juga susu yang mempunyai tambahan vitamin D dan kalau bisa minumlah susu segar yang berasal dari sapi langsung.

2. Menurunkan resiko terkena tekanan darah tinggi
Negara Spanyol pernah melakukan penelitian pada 5000 orang dewasa yang rutin mengkonsumsi susu rendah lemak. Hasilnya mereka mempunyai resiko 54% lebih kecil terkena tekananan darah tinggi dalam periode dua tahun daripada seseorang yang tidak rutin minum susu setiap harinya. Bagi anda tidak ingin mempunyai tekanan darah tinggi, silahkan mencobanya. 

3. Menyuburkan wanita
Bagi pengantin baru atau sepasang kekasih yang sudah menikah pasti memiliki seorang anak adalah salah satu keinginannya. Nah jika anda sedang bersiap-siap, jangan lupa minum susu tiap hari agar perut anda subur sehingga mempunyai momongan juga bukan impian belaka. Hal ini sudah diteliti oleh universitas Harvard bahwa wanita yang lebih sering mengkonsumsi satu porsi susu tinggi lemak mempunyai 25% kemungkinan terhindar dari masalah ovulasi dibandingkan dengan wanita yang jarang minum susu.

4. Mengontrol tidur agar lebih pulas
Minuman susu bisa membuat tidur anda nyenyak tanpa gangguan apapun. Hal ini dikarenakan susu mengandung zat triptofan yang bisa berubah menjadi hormon melatonin yang fungsinya membuat tidur lebih nyenyak pada malam hari. Susu bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pengganti obat tidur bagi seseorang yang sering terkena masalah tidur atau insomnia. 

5. Memberi semangat saat badan letih dan lesu
Susu dipercaya memberikan energi disaat kita letih dan lesu karena kalsium yang terdapat pada susu bisa merilekskan tubuh serta meregangkan otot-otot yang tegang sehingga badan terasa enak dan ringan untuk melakukan sesuatu. 

0 Comments

Newest