Efek Negatif Minum Kafein Bagi Kesehatan

Kafein banyak terkandung dalam minuman kopi. Kopi merupakan minuman yang paling disukai oleh orang-orang di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri, kopi disukai oleh para orang tua terutama pria dewasa. Mereka biasanya minum segelas kopi hitam di saat berjaga malam atau bertugas ronda malam keliling kampung agar mata tidak cepat mengantuk.

Ada juga kopi yang disukai oleh para remaja sekarang. Namun kopi tidak sepenuhnya kopi tapi dicampur dengan bahan-bahan lain sehingga rasanya juga lebih bervariasi misalnya kopi moccacino, cappucino, milk coffee dan lain sebagainya. Berbagai coffee shoppun dibangun untuk kebutuhan konsumen.


Selain dalam kopi, zat kafein juga ditemukan pada minuman teh tapi jumlahnya lebih sedikit daripada jumlah kafein dalam kopi. Di dalam tubuh manusia, kafein berfungsi sebagai stimulan yang mempunyai efek sementara bagi tubuh kita terutama pada sistem saraf pusat. Stimulan bisa dipakai untuk penawar rasa lelah, untuk menambah konsentrasi, ataupun sebagai penghilang rasa kantuk. 

Meskipun kafein dalam tubuh manusia mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tapi tetap saja ada efek negatifnya jika tubuh kita kebanyakan minum minuman yang mengandung zat kafein di dalamnya. Untuk itu kita disarankan hanya mengkonsumsi 400mg kafein per harinya. Beberapa efek negative setelah mengkonsumsi kafein berlebih diantaranya sebagai berikut: 

1. Kecanduan 
Kafein sebenarnya banyak terdapat pada obat-obatan terlarang dan ilegal karena efeknya yang bisa mempengaruhi system saraf pusat. Namun karena kafein yang terkandung dalam teh dan kopi jumlahnya masih bisa ditolerir, maka minuman tersebut masih aman untuk dikonsumsi. 

Tapi apabila anda mengkonsumsinya berlebihan dari anjuran 400mg, maka anda juga bisa mengalami kecanduan yang artinya anda ingin terus-menerus minum minuman tersebut padahal tidak membutuhkannya / tidak sedang kehausan. Kecanduan ini biasanya ditandai dengan gejala pusing, lemas, cemas, mengantuk dan cepat marah. 

2. Insomnia atau Gangguan Tidur 
Kopi memang mempunyai efek untuk membuat kita tidak mengantuk sementara, tapi jika kita mengkonsumsi kafein secara berlebihan maka mata kita akan terlatih supaya tidak tidur walaupun mengantuk dan menjadikan seseorang kesulitan tidur seperti biasanya (insomnia). 

3. Overdosis atau Keracunan 
Keracunan kafein bisa menerjang seseorang jika orang tersebut telah mengkonsumsi kafein sangat banyak. Misalnya minum 80 gelas kopi sekaligus dalam jangka waktu tertentu. Kuatkah kalian? Meskipun kuat, hal itu jangan dilakukan jika anda tidak mau keracunan zat kafein. Keracunan kafein bisa ditandai dengan halusinasi, mual, muntah, diare haus berlebihan dan sering buang air kecil. Lebih bahaya lagi jika tidak ada penanganan serius keracunan kafein juga bisa mengakibatkan kematian. 

4. Masalah Pencernaan 
Kafein berlebih juga salah satu penyebab masalah pencernaan karena zatnya menaikkan asam lambung yang ada di perut sehingga seringkali perut kita mulas jika anda meminum kopi terlalu banyak. 

5. Haus dan Dehidrasi 
Jika anda termasuk olahragawan lebih baik hindari minum kopi sebelum melakukan olahraga karena dikhawatirkan akan terkena dehidrasi atau kehausan yang berlebih. Hal tersebut disebabkan kafein merupakan zat diuretic yang bisa menyebabkan pengkonsumsi sering buang air kecil. 

6. Meningkatkan Tekanan Darah 
Banyak orang mengatakan kalau anda punya tekanan darah tinggi tidak boleh minum kopi. Memang pertanyaan tersebut tidaklah salah karena zat kafein ternyata bisa masuk ke aliran darah kita. Dalam waktu kurang dari satu jam saja, kafein bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

0 Comments