Manfaat dan Bahayanya Mandi Malam bagi Kesehatan

Kata orang tua zaman dulu, mandi malam itu enggak boleh dilakuakan soalnya nanti kita bisa sakit, malah ada yang bilang nanti kita juga bisa jadi janda. Kalau secara logika hal itu sangat tidak masuk akal.  Kalian percaya atau tidak? Daripada ragu yuk kita simak penjelasannya mengapa orang tua zaman dahulu berkata seperti itu, kita cari tahu sebabnya disini!

Rematik
penyakit ini sering disangkut-pautkan dengan akibat mandi malam. Asal tahu saja rematik adalah penyakit nyeri tttulang sendi karena kekurangan hormon estrogen, faktor keturunan atau genetic, osteoporosis dan tingginya kadar asam urat dalam darah. Dalam kata lain, mandi malam tidak termasuk salah satu penyebab rematik. 

Akan tetapi jika kita telusuri lebih dalam, mandi malam juga mempunyai hubungan dengan rematik. Orang yang memiliki penyakit rematik lalu mandi malam dengan memakai air dingin akan berakibat nyeri sendi. Hal tersebut karena hawa dingin yang terbawa air dapat mempersempit pembuluh darah sehingga oksigen pada sendi mengalami penurunan dan mengakibatkan nyeri otot yang sering kita sebut dengan rematik.

Paru-paru basah
penyakit ini juga dikenal sebagai penyakit yang disebabkan karena mandi malam. Paru-paru basah memang artinya paru-paru yang terisi cairan radang yang menyebabkan paru-paru menjadi basah. Cairan radang tersebut bukan air biasa yang kita terima dari saluran pernafasan yang masuk dari luar tetapi cairan itu timbul karena pengaruh infeksi seperti bakteri atau tumor.

Oleh karena itu, banyak yang salah paham dengan asal-usul cairan yang timbul dalam paru-paru sehingga masyarakat juga berfikir bahwa mandi malam dengan air dingin akan mengakibatkan penyakit paru-paru basah, ada juga yang mengatakan kalau jalan-jalan di malam hari, berkendara di malam hari, menghidupkan kipas angin terlalu lama serta berada di ruangan berAC membuat paru-paru basah bisa menghinggapi tubuh kita. Walaupun sebenarnya tidak ada kaitannya secara langsung.

Sebaliknya dari mitos di atas, anda memperoleh banyak manfaat dari mandi malam seperti berikut ini:

1. Membuat tubuh menjadi bersih.
Fungsi mandi malam dengan mandi pagi, siang maupun sore sama saja yaitu untuk membersihkan tubuh dari keringat, bakteri dan kotoran-kotoran yang mengendap di tubuh. Dengan mandi malam, badan kita menjadi bersih, wangi, terhindar dari penyakit dan menjaga kulit kita tetap sehat segar sepanjang malam.

2. Menenangkan pikiran.
Tahu enggak mandi bisa melupakan segala macam pikiran kita untuk sementara, jadi pikiran terasa kosong dan bebas dari stress. Melupakan sejenak kekhawatiran dan kecemasan kita terhadap masalah yang dihadapi membuat pikiran tenang.

3. Membuat tidur nyaman dan pulas.
Jika anda mengalami gangguan tidur seperti insomnia disarankan melakukan mandi malam dengan air hangat sehingga anda bisa tidur kembali dengan pulas dan bangun pagi dengan badan segar. 

4. Menurunkan tekanan darah.
Kata dokter di blog sebelah, mandi juga menurunkan tekanan darah pada tubuh sehingga tubuh terjaga dari penyakit tekanan darah tinggi dan menyegarkan tubuh. 

5. Meregangkan otot-otot pada tubuh
Setelah anda melakukan kegiatan di luar rumah seperti olahraga dan bekerja otot-otot akan terasa tegang dan kaku sehingga kita buttuh mandi untuk meregangkan dan merilekskan otot-otot dalam tubuh.

Agar terhindar dari penyakit deman atau flu setelah mandi malam, lebih baik anda mandi malam menggunakan air hangat sehingga tubuh akan menerima air dengan baik, segar dan membuat tidur merasa nyaman seperti manfaat di atas.

0 Comments