Efek Berbahaya Tidur Berlebihan bagi Kesehatan

Di pertengahan tahun seperti ini apalagi seperti di bulan puasa yang lalu, orang-orang lebih suka tidur daripada melakukan kegiatan. Ada yang bilang tidur di hari ramadhan adalah sebagian dari ibadah dan mendapatkan pahala. Tidur memang rasanya sangat enak dan kegiatan yang paling menyenangkan, tapi ingat tidur secukupnya saja jangan terlalu berlebihan kalau tidak mau menanggung resiko!

Ingat manusia membutuhkan 8 sampai 10 jam sehari untuk tidur. Tidur yang normal / berkecukupan memberi banyak manfaat seperti memulihkan tenaga, mempercantik kulit, mengistirahatkan mata sekaligus menyegarkan pikiran, tapi jika kita mengulurnya atau melebih-lebihkan waktu tidur kita persis seperti kucing yang selalu tidur 10 jam lebih per harinya, maka ada banyak efek negatif bagi kesehatan tubuh. Diantaranya sebagai berikut ini:

1. Obesitas atau Kegemukan
Para wanita sangat benci sekali dengan hal ini terutama bagi wanita yang menginginkan bentuk badan ideal. Salah satu faktor yang mengakibatkan obesitas selain makanan yaitu kelebihan tidur.
Selain tidur malam, ada juga tidur pagi, tidur siang dan tidur sore, kerjaannya seharian tidur saja. Hal ini banyak terjadi ketika weekend atau libur panjang kepada orang-orang yang malas. Wajar saja kalau gendut karena lemak dalam tubuh tidak dikeluarkan sebagai energi untuk melakukan sesuatu melainkan ditimbun di dalam perut sehingga perut menjadi besar dan kegemukan.

2. Mudah Lelah dan Lesu
Hal ini sepertinya mustahil kalau dipikir lewat akal, tapi faktanya ketika tubuh kebanyakan tidur maka suhu dalam tubuh ikut menurun sehingga ketika bangun tidur, badan terasa lelah dan lesu untuk berdiri. Apalagi kalau musim dingin atau musim hujan ya teman-teman, pasti pinginnya tidur terus di atas kasur sambil selimutan.

3. Stress / Depresi
Tidur dalam waktu yang lama juga akan meningkatkan daya tahan tubuh anda terhadap stress semakin berkurang. Hal tersebut dikarenakan disaat anda tidur berlebihan, aktivitas tubuh anda akan berkurang sehingga terjadilah penurunan hormone endofrin yang fungsinya meningkatkan mood atau kemauan seseorang melakukan sesuatu. Di saat itulah, tubuh menjadi bosan dan mudah terserang stress.

4. Gangguan Kesehatan 
Gangguan kesehatan ini sudah diteliti oleh para ahli. Mereka menemukan bahwa orang yang tidurnya lebih dari 8 jam mempunyai kemungkinan 38% terkena penyakit jantung dan 50% lagi rentan terkena penyakit diabetes. Namun alasan yang mendasar mengapa kedua penyakit tersebut banyak dialami oleh orang yang kelebihan tidur masih belum diketahui. Mungkin saja untuk penyakit diabetes kebanyakan mereka yang terkena adalah orang-orang yang terkena obesitas atau kegemukan yang memang sukanya tidur. hehe.

5. Sakit kepala
Pernahkah anda merasakan pusing saat bangun tidur? Hal tersebut karena waktu tidur anda yang tidak teratur. Jika tubuh anda terbiasa tidur normal selama 8 jam, maka tubuh terasa enak ketika bangun tidur. Beda halnya jika anda kelebihan tidur atau kekurangan tidur dari batas tidur yang normal, maka anda akan terbangun dalam keadaan pusing. Para peneliti mengemukakan bahwa tidur yang berkepanjangan mempengaruhi neotransmitter tertentu pada otak, termasuk serotonin yang bisa menyebabkan kepala kita pusing.

6. Kematian
Para ahli membuktikan bahwa dari hasil studi mereka orang yang tidurnya 8 jam lebih lebih beresiko mengalami kematian daripada orang yang tidurnya kurang dari 7 jam atau tidurnya normal 8 jam. Mungkin Cuma kebetulan saja ya. Menurutku kematian seseorang tidak ada sangkut pautnya dengan hal ini karena hanya Allah yang satu-satunya mengetahui kematian seseorang. Bagaimana seseorang meninggal? kapan waktu kematiannya? maupun punya kebiasaan tidur lama atau tidak?

0 Comments