Bahaya Asap Rokok bagi Kesehatan Manusia

Sebelum anda mengetahui bahaya dan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh asap rokok, kami akan menjelaskan apa itu rokok sebenarnya. Semoga yang merokok di dunia mengerti bahwa rokok sebenarnya adalah musuh terbesar anda dan juga musuh terbesar bagi orang-orang sekitar anda yang akan terkena  imbasnya.

Rokok merupakan sebuah benda berbentuk seperti batang, lonjong, panjang nan kecil ini ibaratkan sebuah pabrik kimia. Dalam satu batang rokok yang dihisap akan mengeluarkan asap. Asap ini bukan sembarang asap, melainkan asap yang sangat sangat sangat mematikan karena mengandun 4000 bahan kimia berbahaya. Bahan kimia yang paling berbahaya diantaranya nikotin, tar dan karbon monoksida atau CO.

Nikotin
Nama nikotin sebagian orang mengenalnya sebagai zat yang berfungsi untuk membuat orang ketagihan. Makanya jangan heran kalau merokok membuat anda berulang kali ingin menghisapnya secara terus-menerus. Ketagihannya memang gak beresiko, tapi semakin anda hisap terus-terusan maka penyakit yang akan ditimbulkan juga banyak. Salah satu diantaranya adalah penyakit jantung. Bukan rokok saja yang mengandung nikotin tapi juga asapnya.Bagi pehirup asap dari rokok orang lain, penyakit jantung juga perlu dikhawatirkan.

Tar
adalah sebuah istilah baru yang diberikan untuk nama bahan kimia paling beracun pada rokok. Tar mempunyai bentuk padat berwarna cokelat. Jika anda seorang perokok, lihatlah gigi anda setelah menghisap rokok, apakah gigi terlihat kecoklatan? Jika iya berarti tar telah menempel pada gigi anda yang mengakibatkan wrna gigi berubah menjadi coklat. Selain mudah melekat pada gigi, tar juga bisa melekat pada paru-paru yangg lama kelamaan mengakibatkan penyakit yang dinamakan kanker paru-paru. Tar pada hisapan terakhir jumlahnya 2x lipat lebih banyak daripada hisapan rokok yang pertama.

Karbon Monoksida (CO)
Gas karbon monoksida menyebabkan gangguan jaringan pada tubuh. Dalam hal ini dapat dilihat dari hemoglobin dalam sel-sel darah merah. Gas CO memiliki kekuatan yang lebih besar untuk mengikatkan diri pada hemoglobin yang pada dasarnya ikatan itu hanya untuk oksigen. Oksigen yang sangat penting untuk pernafasan sel tubuh dapat diganti posisinya dengan gas CO yang sudah mengambil peran Oksigen. Jadi ketika gas CO bergandengan dengan hemoglobin dalam darah mengakibatkan gangguan pada sistem jaringan tubuh manusia. Kadar CO dalam darah bukan perokok kurang dari 1%, sedangkan dalam darah perokok aktif maupun pasif bisa mencapai 4 sampai 15%.

Perokok aktif dan Perokok pasif
Kalau dibaca sekilas kedua kata ini menimbulkan salah paham. Perokok aktif bisa diartikan orang yang selalu merokok, sedangkan perokok pasif bisa diartikan orang yang jarang merokok. Padahal kedua arti tersebut salah. Pengertian yang benar yaitu perokok aktif adalah orang yang menghisap rokok, sedangkan perokok pasif adalah orang lain yang tidak merokok tapi menghisap asap rokok dari orang yang merokok.

Bahaya asap rokok
Bahaya asap rokok bagi si perokok maupun orang-orang yang disekitarnya ialah penyakit-penyakit mematikan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Diantara lain:
1. Kanker paru-paru
2. Penyakit jantung
3. Penyakit gusi
4. Saluran pernafasan kronis
5. Penyakit ringan seperi iritasi mata, hidung, sakit kepala
6. Kardiovaskuler
7. Alzhaimer
8. Kerusakan alat reproduksi
9. PPOK
10. Keguguran pada bayi

Jika anda ingin tidak mendapatkan bahaya dari asap rokok, jangan lupa memakai masker ketika berpergian dan hindari orang merokok di dekat anda. Untuk si perokok, hentikanlah kebiasaan merokok tersebut demi kehidupan yang lebih baik. 

0 Comments