Cara Menjaga Kesehatan Gusi

Gusi merupakan hal yang wajib diperhatikan selain gigi unuk menjaga kesehatan mulut secara optimal karena gigi dan gusi bagaikan 2 sejoli yang tidak bisa terpisahkan. Buktinya jika gigi anda rusak atau berlubang bahkan munggkin hilang, maka gusi juga akan merasakan nyeri ketika makan karena dia tidak bisa mengunyah makanan keras seperti gigi. Sebaliknya jika gusi anda berplak dan semakin terkikis atau hilang maka gigi anda juga akan roboh dan copot dengan sendirinya. Mau tidak gigi anda ompong seperti kakek nenek?

Oleh karena itu,kesehatan gusi harus kita rawat supaya gigi juga selalu berdiri kokoh dengan sehat. Tidak hanya perawatan gigi ke dokter spesialis saja, tapi perawatan gigi dan gusi setiap hari juga harus benar dan dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Hindari merokok
Merokok tidak hanya membunuhmu seperti slogan-slogan dalam iklan, tapi tembakau dalam rokok juga dapat merusak gusi. Menurut penelitian jumlah karang gigi pada orang yang merokok lebih banyak daripada orang yang tidak merokok. Jika karang gigi sudah timbul, maka penyakit radang gusi yang dinamakan gingivitis mudah terjangkit dan menyebabkan gusi berdarah.

2. Hindari makanan yang terlalu banyak gula
Seringkali anak kecil dimarahin oleh orang tuanya karena kebanyakan makan permen dan makanan yang manis-manis seperti kue. Tahu alasannya mengapa mereka marah? Hal ini dilakukan agar anak-anak tahu bahwa makanan tersebut membuat gigi mereka berlubang, keropos dan sakit gigi apalagi jika mereka tidak rajin menyikat gigi. Kalau sudah dewasa harusnya kita mengerti dan mengingat pesan orang tua kita wakttu itu. Makanlah yang manis-manis sekedarnya saja dan untuk menjaga kesehatan mulut khususnya gusi perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin c atau e yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh dan menghindari infeksi pada gusi.

3. Bersihkan gigi minimal 2 kali sehari
Kata mamaku, membersihkan gigi sama seperti kita mencuci piring. Setelah makan sebaiknya gigi kita dibersihkan seperti mencuci piring setelah makan karena waktu tersebut adalah waktu yang tepat selagi kuman-kuman dan noda yang melekat masih bisa dibersihkan dengan mudah. Lain lagi jika kita tidak segera membersihkannya.

Anda pernah melihat piring kotor yang tidak dicuci selama beberapa jam atau lebih dari 1 hari? piring kotor tersebut jika disabun masih meninggalkan bekas dan noda tidak mudah dibersihkan. Biasanya nasi yang menempel sudah mengeras seperti beras dan satu-satunya cara menghilangkannya hanya dengan kuku / sendok sebagai alat pengungkit. Selain itu baunya juga gak sedap lagi, terkadang juga ada jamur berwarna putih yang menyelimuti makanan sisa yang sudah busuk.

Hal itu sama sperti gigi. gigi jika tidak segera disikat, maka kotoran akan melekat dan sulit dibersihkan akibatnya tertimbun menjadi plak atau karang gigi. Belum lagi jika bau mulut semakin menyengat, itu artinya kuman-kuman sedang menyerang gigi ataupun gusi anda. Selain menyikat gigi, disarankan juga untuk memakai benang gigi agar kotoran yang menyelip di sela-sela gigi bisa dikeluarkan, yang terakhir anda bisa berkumur dengan air antiseptic agar kuman yang tertinggal hilang. 

4. Hindari menggertakkan gigi saat tidur
Sebagian orangg saat tidurnya seringkali menggertakkan gigi secara tidak sengaja. Entah itu karena mimpi atau suatu penyakit maupun kebiasaan tidur yang buruk. Yang pasti jika anda mempunyai kebiasaan tersebut, maka segeralah periksa ke dokter karena kebiasaan menggertakkan gigi sangat tidak baik untuk kesahatan gigi dan gusi. Setidaknya jika ke dokter, anda bisa mendapatakan pencegahan baik itu berupa obat, saran ataupun alat pelindung gigi yang bisa anda pakai saat tidur. 

0 Comments