Manfaat Kesehatan dan Kecantikan dari Buah Pepaya

Pepaya dengan nama latin Carica papaya L atau dalam bahasa jawa kita menyebutnya sebagai buah kates. Pepaya sebenarnya tanaman yang asalnya dari Eropa tepatnya di Meksiko selatan dan Amerika Selatan bagian utara. Namun sekarang buah enak ini sudah menyebar luas dan banyak dibudidayakan di seluruh wilayah tropis termasuk Indonesia. Sekali biji buah pepaya ditanam di tanah yang subur, pohon pepayapun tumbuh dengan mudahnya.



Buah pepaya mempunyai banyak manfaat kesehatan bagi manusia karena kandungan nutrisinya yang banyak dan bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya folat, magnesium, fiber 3, vitamin B, vitamin C, vitamin A, tembaga, asam pantotenat, alfa, lutein, beta karoten, vitamin E, kalium, kalsium, vitamin K, zeaxanthan dan lycopene. Christopher Columbus juga pernah menjuluki buah pepaya sebagai “Fruit of the angels” yang artinya buah para malaikat karena cita rasanya yang sungguh lezat dan manfaatnya yang luar biasa. 

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah pepaya juga bermanfaat untuk kecantikan. Oleh karena itu sebagai seorang wanita kita perlu tahu apa saja manfaat buh pepaya ini. Yuk kita simak beberapa manfaat dari buah yang satu ini:

1. Membuat tubuh menjadi segar, sehat dan langsing
Dalam buah pepaya terkandung Enzim Papain. Enzim papain pada pepaya yang mentah atau masih muda 2x lipat lebih banyak daripada pepaya yang matang. Enzim tersebut fungsinya menganalisis protein dalam tubuh, mendorong metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik serta mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Walaupun pepaya mentah atau belum matang baik untuk tubuh, namun harus dihindari bagi ibu hamil karena berbahaya bagi pertumbuhan janin.

2. Memperkuat sistem imun dalam tubuh
Vitamin A dan vitamin C serta senyawa beta karoten yang terkandung dalam pepaya dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan dari dalam. Jika anda ingin terhindar dari penyakit menular ataupun ingin tubuh tidak mudah capek saat bekerja, pepaya bisa menjadi alternatif selain minum vitamin C yang berbentuk kapsul maupun cairan. Menurut penelitian jumlah kandungan vitamin C pada pepaya lebih banyak 48x lipat dibandingkan dengan vitamin C yang ada pada buah apel.

3. Melancarkan buang air besar, mengatasi sembelit dan masalah pencernaan
Manfaat yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu. Pepaya memang sangat digemari oleh masyarakat sebagai obat alami untuk mengatasi masalah buang air besar yang tidak teratur. Pepaya juga banyak digunakan oleh sebagian wanita untuk berdiet. Enzim Papain dalam pepaya membantu melancarkan pencernaan, ditambah lagi kandungan serat dalam pepaya juga tinggi. Hal inilah yang membuat pepaya terkenal sebagai buah yang menyehatkan pencernaan.

4. Memperbesar payudara
Jika anda termasuk wanita yang mempunyai payudara kecil, jangan berkecil hati karena ada buah alami yang dipercaya membuat payudaramu semakin besar. Vitamin A dan Hormon medium yang terdapat dalam enzim pepaya bisa merangsang pertumbuhan payudara serta hormon wanita untuk menghasilkan jumlah ASI. Hal ini sangat baik bagi ibu-ibu menyusui.

5. Menyembuhkan luka bakar
Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, pepaya yang ditumbuk bisa dijadikan obat alami untuk penyembuhan luka dan mencegah infeksi pada daerah kulit yang terbakar. Misalnya pada kulit yang terkena setrika, knalpot motor, kena air panas atau mendidih dan lain-lain. Enzim proteolitik chymopapain dan papain yang terkandung dalam pepaya fungsinya mirip salep luka bakar.

Hmm. Lumayan banyak juga ya teman-teman manfaat dari buah pepaya. Semoga bermanfaat ^^

0 Comments