Makan Malam yang Baik untuk Kesehatan

Di malam hari saat perut mulai keroncongan, kita akan refleks mencari makan. Makan disaat malam hari memang tidak ada salahnya. Namun anda perlu mengetahui makanan sehat apa saja yang harus dihindari dan dimakan saat mau tidur. Ada yang bilang jika makan di malam hari membuat kita jadi semakin gemuk dan membuat perut sakit. Mengapa terjadi hal seperti itu? Yuk kita cari tahu penyebabnya disini!
Di saat malam hari, apalagi setelah makan kita sedang berniat untuk langsung tidur maka makanlah makanan yang sedikit kalori ataupun sedikit lemak sehingga tidak beresiko badan berkembang ke samping. Sebaliknya juga hindari makanan yang terlalu berlemak dan banyak kalori. Contohnya:

Makanan malam rendah lemak:
1. Salad Buah 
2. Sayur-sayuran 
3. Steak Sirloin
4. Gandum
5. Nacchos

Makanan tinggi lemak:
1. Kentang Goreng
2. Burger
3. Mie Instan
4. Susu
5. Nasi putih

Selain makanan yang berlemak atau tidak, anda juga perlu tahu makanan yang bisa membuat anda tertidur pulas dan nyaman sampai matahari pagi bersinar. Tidur yang nyaman juga membuat anda sehat dan terbangun dengan pikiran segar. Dengan begitu anda siap memulai aktifitas. Berikut ini adalah makanan yang bisa membuat anda tertidur pulas:

1. Buah Pisang
2. Gandum
3. Susu
4. Daging babi 
5. Kalkun
6. Buah Ceri

Makanan yang disebutkan diatas banyak mengandung kadar tinggi triptofan, suatu zat dalam tubuh yang bisa menghasilkan serotonin dan melatonin yang memberikan efek merefleksikan tubuh sehingga tubuh bisa tidur dengan pulas. Bukan itu saja, sebaiknya anda juga menghindari makanan yang membuat kita tidak bisa tidur dengan baik karena zat-zat yang menghambat hormon untuk merefleksikan diri ataupun yang mengganggu system saraf pusat anda untuk tersadar ataupun membuat anda sering buang air kecil disaat malam tiba. Berikut ini adalah makanan yang sebaiknya dihindari jika anda tidak ingin terkena insomnia:

1. Kopi
2. Teh
3. Alkohol
4. Cokelat
5. Minuman Berenergi

Makanan di atas kebanyakan mengandung kafein yang bisa mengganggu system saraf pusat yang bisa menyebabkan rasa kantuk hilang, akibatnya tubuhpun menjadi tidak bisa tidur dengan tenang. Makanan diatas menghalangi adenosin, zat kimia yang secara natural membuat Anda merasakan kantuk.

Setelah mengatur makanan yang harus kita makan di malam hari, jangan lupa juga untuk mengetahui jarak antara makan malam dengan waktu tidur anda agar tidak mengganggu kesehatan terutama saluran pencernaan. 

Waktu terbaik untuk makan sebenarnya adalah minimal 3 jam sebelum waktu tidur karena tubuh manusia perlu waktu untuk proses mencerna makanan. Waktu proses pencernaan makanan yang dibutuhkan kira-kira 3 jam untuk makanan sampai di usus kecil sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya refluks asam lambung.. Jika kurang dari waktu tersebut dikhawatirkan proses pencernaan makanan masih dalam usus besar sehingga anda juga beresiko sakit perut ketika tidur.

Setelah makan dianjurkan juga tidak membaringkan tubuh anda terlebih dahulu karena Berbaring dapat menyebabkan gejala refluks yang menyebabkan rasa terbakar di dada dan rasa pahit di mulut. Apalagi jika anda makan terlalu berlebihan sampai perut terasa kenyang. Jadi ingatlah pesan nabi bahwa makanlah jika lapar dan berhentilah sebelum kenyang. 

Namun jika anda masih terasa sakit perut setelah makan malam meskipun sudah mengatur waktu tidur yang tepat atau sering terkena insomnia (penyakit tidak bisa tidur) setelah makan, maka anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. 

0 Comments