Cara Menjaga Kesehatan dengan Gaya Hidup Sehat

Karena Lolipop adalah situs kesehatan, gak afdol rasanya jika kita tidak membahas yang namanya Gaya Hidup Sehat. Memang sih hidup kita bebas kita atur seenaknya, tapi janganlah melupakan atau menerapkan yang namanya pola hidup yang membuat badan kita sehat selalu dan terhindar dari penyakit-penyakit mengerikan. Sekarang apakah anda sudah tahu apa itu gaya hidup sehat? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini.

Gaya Hidup Sehat
ialah kebiasaan seseorang untuk mempraktekkan  hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari dan menghindri kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan kita. 

Akibatnya Tidak Melakukan Hidup Sehat
Gaya hidup sehat jika tidak dilakukan akan mengakibatkan berbagai macam penyakit. Misalnya penyakit jantung, penyakit tekanan darah tinggi, penyakit stroke, penyakit kanker, penyakit kencing manis, penyakit sumbatan paru kronis, penyakit kegemukan atau obesitas, penyakit radang sendi, penyakit tulang keropos atau osteoporosis dan lain-lain.

Semua penyakit tersebut bisa disebabkan oleh 3 faktor penting yang dilalaikan oleh sebagian orang di dunia ini. Tiga faktor utama itu adalah melakukan aktifitas fisik, makan makanan yang berserat, dan tidak merokok. Untuk mencegah penyakit-penyakit berbahaya, mulai sekarang kita bisa melakukan pola hidup sehat atau gaya hidup sehat. 

Cara menghidupkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari:
1. Makan makanan 5 sehat 4 sempurna atau makanan bergizi seimbang, tinggi serat dan rendah lemak. 
Makanan yang paling baik untuk tubuh adalah makanan tinggi serat yang biasanya terkandung dalam tumbuhan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, padi-padian dan lain-lain. Dengan makan makanan yang berserat setiap hari, tubuh kita menjdi lancar buang air besar, membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan memperlambat penyerapan lemak di tubuh sehingga serat juga membuat kita tidak gampang gemuk. Baik dikonsumsi wanita atau pria yang ingin menurunkan berat badan atau diet.

Makanan rendah lemak juga penting untuk tubuh. Kita bisa mendaptkan makanan rendah lemak dengan mengukus makanan atau membakar bahan makanan yang ingin kita makan. Lebih baik jauhkkan goreng-gorengan yang justru mengandung banyak lemak.

2. Lakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap harinya
Akttifitas fisik bisa dilakukan dengan olahrga teratur setiap hari. Entah itu lari pagi atau jogging, jalan pagi atau bersepeda dan berbagai permainan olahraga yang menyenangkan seperti bermin sepk bola, bulu tangkis, berenang, bola basket, tenis meja, dan sebagainya. 

Jika anda memang tidak puny waktu untuk melakukan olahrg setiap harinya, lakukan sesuatu yang bisa melatih otot-otot anda misalnya naik turun tangga, angkat beban, menyapu, menyetrika, mencuci baju, mengepel, membersihkn rumah, cuci piring dn lain-lain. Dengan melakukan aktifitas fisik secara teratur, kita akan terhindar dari penyakit jntung stroke, kanker, tekanan darah tinggi, dan bnyak lagi yang lainnya. Jangan lupa juga melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukn ktifits fisik. Alangkah baiknya juga jika anda bisa melakukan aktifitas ini sampai tua nanti.

3. Tidak merokok
Merokok memang membuat pria tampak lebih jantan, bahkan membuat nyaman, tapi apakah anda tahu kalau merokok juga bisa membunuh anda? Herannya lagi walaupun ada peringtan yang jelas-jels bisa mengancam nyawa manusia, tetap saja banyak yang melakukan tindakan seperti ini. Jika anda mau mengetahui lebih lengkapnya tunggu postingan berikutnya ya. ^^

4. Selalu menjaga kebersihan baik itu kebersihan badan, lingkungan maupun tempat tinggal.
Kebersihan sangat wajib anda miliki karena jika semuanya tidak bersih, maka kuman ataupun bakteri juga suka dengan anda dan akibatnya penyakit bisa timbul dari mana saja.

0 Comments